Rabu, 09 Juni 2010

IMF Peringatkan Asia Dampak Krisis Eropa

Categories:

REPUBLIKA.CO.ID,SINGAPURA--Dana Moneter Internasional (IMF) mengingatkan kawasan Asia, terutama para pembuat kebijakannya, untuk mulai memasang mata atas potensi bahaya dari krisis utang Eropa. Dikhawatirkan, efek krisis di Eropa menggoyang permintaan ekspor di Asia.


Peringatan ini disampaikan oleh Deputy Managing Director IMF, Naoyuki Shinohara, seperti dikutip Reuters, Rabu (9/6). Ia menambahkan, meski Asia hanya bersentuhan sedikit dengan jalur keuangan Eropa, tapi prospek akan berkembangnya aliran hot money ke kawasan Asia tidak dipungkiri akan terjadi.

''Aliran hot money ini bisa menimbulkan penggelembungan aset. Untuk itu, kuncinya para pembuat kebijakan ekonomi harus mewaspadai akan gambaran ini. Mereka juga harus sesiap mungkin pasang aksi secepatnya atas perkembangan ini,'' ujarnya Shinohara di Singapura.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan gagahnya pertumbuhan ekonomi di Asia, maka pemilihan kebijakan ekonomi yang sepantasnya merupakan hal penting. Terutama membawa efek yang signifikan bagi perekonomian global.

Dalam kesempatan yang sama, Shinohara juga menyinggung tentang krisis ekonomi yang tengah menghampiri Hungaria. Namun, ia menegaskan bahwa apa yang sedang terjadi di Hungaria tidaklah sebombastis yang diberitakan di media massa akhir-akhir ini. ''Dibandingkan negara Eropa lainnya, krisis di Hungaria lebih ringan. Jadi, tidak perlu khawatir secara berlebihan akan hal ini,'' jelasnya.

Red: Budi Raharjo
Rep: C08

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "IMF Peringatkan Asia Dampak Krisis Eropa"

Posting Komentar